Bajigur Tersohor di Pondok Kopi

Bajigur Tersohor di Pondok Kopi

Cuci piring sembari nge DJ, Bibir di kulum kena gigi.
Halo sahabat KNJ, Assalamualaikum dan selamat pagi.

Alhamdulillah telah tersampaikan donasi untuk kakek Sunandi, salah satu sosok mulia target eksekusi ke-31 Ketimbang Ngemis Jakarta (Juli 2018). Kakek Sunandi adalah seorang penjual bajigur dan makanan rebusan yang sudah berusia 70 tahun. Sudah 30 tahun lamanya kakek dan nenek merantau ke Jakarta. Selama itu pula lah mereka mengadu nasib hidup di ibukota dengan berjualan bajigur. Kakek dan nenek sungguh konsisten dan telaten melakoni pekerjaan ini, karena 30 tahun bukan lah waktu yang sebentar bagi dua aejoli ini. Meski tidak selalu habis dan justru sering membuang bajigur beserta makanan rebusan yang tidak terjual dalam sehari, sama sekali tidak terlintas dalam benak mereka untuk beralih profesi.

Di Jakarta, kakek Sunandi dan istri tinggal di daerah Pondok Kopi, Jakarta Timur, dalam sebuah rumah kontrakan kecil dengan harga sewa Rp400 ribu per bulan. Sedangkan penghasilan yang diperoleh dari berjualan bajigur berkisar Rp50 ribu sampai Rp80 ribu per hari nya. Penghasilan yang tidak menentu tidak menghalangi kakek dan nenek lihai dalam melihat peluang. Untuk setiap makanan yang tidak habis terjual kakek dan nenek membagikan kepada para tetangga. Menurut mereka inilah peluang bagi mereka untuk bersedekah.

Rutinitas mereka setiap harinya dimulai dari dini hari saat kakek berangkat ke pasar membeli bahan-bahan untuk berjualan. Lalu setelah tiba di rumah, nenek akan mengolah bahan makanan tersebut menjadi racikan wedang bajigur beserta makanan sehat pendampingnya, seperti pisang rebus, ketela rebus dan rebusan lainnya. Rahasia kelanggengan berjualan kakek dan nenek adalah komitmen mempertahankan cita rasa nya. Di tengah kehidupan modern saat ini, kakek dan nenek lebih memilih bertahan dengan menggunakan kayu bakar dan minyak tanah untuk mengolah seluruh bahan jualannya. Tidak heran banyak pelanggan jauh-jauh yang sengaja mendatangi kakek untuk membeli dagangannya. Di samping karena rasanya yang enak, juga karena harga nya yang relatif murah, yakni hanya Rp3 ribu untuk setiap porsi bajigur, dan Rp1 ribu untuk makanan rebusnya.

Kakek Sunandi dan nenek mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur dan sahabat KNJ atas bantuan yang diberikan untuk mereka. Semoga selalu dilimpahkan keberkahan rezeki dan selalu diberi kesehatan, aamiin.

About The Author

Mardwi Riana Mahani

2 Comments

  • hengki on February 12, 2019

    Hallo, kalo boleh tau, jualannya dimana ya ? Lokasi tepatnya ?
    Mohon info.
    Teirmakasih sebelumnya.

    Salam

  • Eny Wulandari on March 15, 2019

    Halo kak. Mohon maaf baru membalas. Kakek Sunandi berjualan keliling di jalan Mawar Merah, Bunga Rampai dan sekitarnya, kak. Terima kasih kembali.

Leave a Reply

CONTACT US

Rekening Donasi :

rek.BCA . 88 0074 7296 a/n yona luverina

Gathering :

Taman Menteng
Jl. HOS. Cokroaminoto,Menteng,
Jakarta Pusat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10310

Contact Person:

Public Relation - Tania : 087710111117
Line Official : @ketimbangngemisjkt

Hargai Mereka yang SAY NO TO MENGEMIS

© Ketimbang Ngemis Jakarta ~ 2016 All Rights Reserved