Merayakan Ketulusan dan Kekompakan di Hari Jadi Kami yang ke-4

Merayakan Ketulusan dan Kekompakan di Hari Jadi Kami yang ke-4

Sejauh apa pun kami melangkah, penting bagi kami, Ketimbang Ngemis Jakarta, untuk kembali mengingat dan menapaki tilas saat kami pertama kali memulai segalanya.

18 Juni 2015.

Terik matahari yang panas. Kerumunan anak muda yang banyak tidak saling mengenal satu sama lain. Visi komunitas yang saat itu masih sangat hijau di benak beberapa dari kami. Kesemuanya tidak menyurutkan kami berkumpul untuk menjadi pejuang sosok mulia atau solia. Virus kebaikan Ketimbang Ngemis begitu cepat dan sigap menyengat kami yang terenyuh ingin menolong solia yang tetap berusaha melawan keterbatasan usia dan fisik.

Bukan harta atau koneksi orang dalam yang kami punyai. Saat itu dan bahkan hingga kami berjalan empat tahun hingga sekarang ini. Modal kami sesederhana tetapi sekuat tekad ingin berguna bagi sesama. Berbekal kreativitas dan kejelian memanfaatkan media sosial, tidak ada satu pun dari kami yang mengira Ketimbang Ngemis Jakarta akan sebesar dan seluas seperti sekarang.

Bermula dari satu solia, puluhan followers di Instagram dan segelintir relawan, sulit rasanya membayangkan komunitas kami bisa sebesar sekarang tanpa barokah dari Alloh swt.

Yang pasti niat tulus yang disebut di atas tentu tidak cukup. Bagi sahabat KNJ yang baru saja mengetahui komunitas kami, percayalah kami telah melewati begitu banyak masalah dan rintangan dalam perjalanan empat tahun ini.

Tahun pertama banyak ditandai dengan upaya kami memperkenalkan komunitas ini ke publik. Lahir di era media sosial, kami berjuang mendulang banyak followers, menyebarkan profil solia, mencari donasi dan donatur bagi solia di dunia maya. Hal yang kami syukuri di tahun pertama ini adalah kami menyaksikan komunitas ini berkembang pesat. Banyak teman baru yang benar-benar asing bersedia merelakan waktu dan tenaga mereka bagi KNJ. Berkat bantuan dari media, jumlah followers media sosial kami cepat bertambah.

Tahun kedua banyak kami isi dengan memperbanyak variasi kegiatan dan project. Bertambahnya anggota menyadarkan kami untuk terus berinovasi untuk mewadahi kreativitas kami semua. Social experiment, campaign project kami luncurkan. Kami turun ke jalan membantu solia berjualan, masuk dan keluar gang, berjualan di tepi jalan hingga menggelar kampanye di Car Free Day. Puncaknya kami mengadakan project Umrah Untuk Solia dengan enam peserta, mimpi awal yang alhamdulillah bisa kami wujudkan di tahun kami yang kedua.

Tahun ketiga memacu otak kami untuk terus berinovasi. Kami sadar mengelola komunitas non-profit sekali pun seperti KNJ bukannya tanpa arah, fokus dan karya yang berbeda dari sebelumnya.  Dengan berujung pada membantu solia, beragam program kami buat dengan kemasan lebih kreatif, seperti mengajak solia berpartisipasi dalam Asian Games 2018 melalui video khusus, Kado Lebaran Untuk Solia hingga melibatkan solia dalam berkurban.

Bagaimana dengan tahun ke-4 yang kami namai sebagai Fourtastic?

Kami sudah mengisi 2019 ini dengan ragam kegiatan yang senantiasa berakar dari jiwa anggota KNJ sendiri yang dinamis, seru dan kreatif. Kolaborasi dengan Abang None Kepulauan Seribu, Kado Lebaran untuk Solia 2 dan Upgrade Peralatan Solia baru sebagian saja yang kami lakukan. Akan ada project baru atau upgrade sebelumnya yang akan kami rilis dalam waktu dekat. Ini tentu tanpa meninggalkan project eksekusi bulanan, kegiatan internal untuk mempererat silaturahmi dan menggali gagasan keren masing-masing anggota.

Terlalu cepat dan sempit untuk menyimpulkan kami telah sukses menggawangi komunitas ini. Bahkan kami kurang pasti menyebut apa definisi sukses bagi sebuah komunitas. Pastinya kami bersyukur dengan 92 anggota kami per bulan ini dan 78,8 K followers kami di Instagram. Tak terhingga kami mengucap alhamdulillah telah menjembatani ratusan solia dengan banyak donatur tetap dan tidak tetap selama ini.

Dari semuanya, izinkan kami tulus berterima kasih kepada Alloh swt yang masih mempertautkan ketulusan kami hingga KNJ memasuki usianya yang ke-4 per hari ini. Bukan perkara mudah bisa bertahan sampai sekarang. Sudah ratusan anggota dan relawan datang dan pergi meninggalkan komunitas ini. Sembari tersemat ucapan terima kasih kepada kawan kami tersebut, rasanya tidak berlebihan di ulang tahun KNJ Fourtastic ini kami ingin sekali merayakan ketulusan dan kekompakan kami dari tahun pertama hingga sekarang.

Bahwa dengan begitu banyak ujian dan masalah yang datang silih berganti, kami masih bisa bertahan bahkan tak berhenti berkreasi. Kami rasa kekompakan merawat rumah kami dengan penuh cita dan cinta ini sangat layak untuk terus kami pertahankan hingga angka berapa pun ulang tahun KNJ nanti berganti.

 

About The Author

Eny Wulandari

3 Comments

  • Dansk on June 18, 2019

    Selamat ulang tahun KNJ yang ke 4. Semoga kedepannya KNJ semakin strong dan anggotanya selalu semangat dalam menyampaikan amanah para donatur… <3

    • Eny Wulandari on July 12, 2019

      Amiin.. Terima kasih kak sudah mampir dan memberikan doa, hehhee

  • MJ on June 22, 2019

    Keren bgt, semoga KNJ makin jaya

Leave a Reply

CONTACT US

Rekening Donasi :

rek.BCA . 88 0074 7296 a/n yona luverina

Gathering :

Taman Menteng
Jl. HOS. Cokroaminoto,Menteng,
Jakarta Pusat,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10310

Contact Person:

Public Relation - Tania : 087710111117
Line Official : @ketimbangngemisjkt

Hargai Mereka yang SAY NO TO MENGEMIS

© Ketimbang Ngemis Jakarta ~ 2016 All Rights Reserved